Translate

Saturday, March 17, 2007

Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar

Lokasi Jalan Pane, Pematang Siantar, Sumatera Utara, INDONESIA Dalam perjalanan menuju Parapat, anda akan melalui kota Pematang Siantar dan melihat patung Bodhisatva Avalokitesvara (Dewi Kwan In) yang menjulang tinggi, ini adalah tujuan wisata religi di kota Pematang Siantar bagi umat Buddha. Anda dapat bersembahyang atau berfoto di dekat patung2 yang tersebar di Vihara Avalokitesvara. Bagi penganut agama lain bisa melihat patung Bodhisatva Avalokitesvara yang tertinggi di Asia tenggara dan masuk dalam MURI (Museum Rekor Indonesia). Patung Kwan Im di Siantar ini selesai dibangun dalam waktu tiga tahun dan diresmikan pada 15 November 2005. Patung setinggi 22,8 meter ini dipesan langsung dari RRC dan dibuat dari batu granit. Bagi pemeluk Buddha, Dewi Kwan Im adalah dewi kasih sayang yang selalu dipuja. Kwan Im atau Guan Yin dikenal sebagai Bodhisattva atau calon Buddha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian atau kesempurnaan. Posisi Kwan Im di Siantar ini bernama Kwan Im Pemegang Sutra atau kitab ajaran Buddha. Posisi ini adalah satu dari 33 julukan Kwan Im. Kwan Im ini disebut pula Avalokitesvara, serupa dengan nama vihara di mana patung ini dibangun. Aval berarti mendengar, lokite artinya dunia dan svara berarti suara. Avalokitesvara berarti mendengar suara dunia. "Avalokitesvara sesuai kepercayaan Buddhis berarti kasih sayangnya akan datang, dan mereka yang kesusahan akan didengar," kata Bikkhu Dhyanavira, pimpinan Vihara Avalokitesvara. Patung Kwan Im ini dikelilingi catur mahadewa raja atau malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Di kompleks patung terdapat sebuah lonceng besar dan sebuah roda doa (praying whell). Di halaman bawah, 33 patung Kwan Im ukuran kecil mengelilingi patung raksasa ini. Data - data patung Bodhisatva Alvalokitesvara : Patung Avalokitesvara Bodhisatva ( Dewi Kwan In) Lebar 8,4 meter , Tinggi 3,5 meter Total ketinggian patung 22,8 meter Spesifikasi data teknis rupang Arca Buddha Avalokitesvara : 1. Teratai : a. Ketinggian teratai = 3 meter b. Jumlah daun teratai = 108 lembar 2. Arca Buddha : a. Ketinggian Rupang Buddha = 19,8 meter b. Jumlah Batu Granit = 238 lembar 3. Berat total batu granit = 388 buah 4. Berat total batu coran = 502 ton 5. Berat total besi = 70 ton Ukuran keseluruhan Lebar 8,4 meter, tinggi total 22,8 meter dengan berat 1500 ton. Peta Pematang Siantar

8 comments:

benny_prabujaya said...

Saya baru dari Siantar. Ada urusan ke Kantor Pajak di sana. Sekalian singgah ke Vihara Avalokitesvara,benar benar Vihara yang sangat indah. Dengan Rupang Dewi Kwan Yim yang sangat megah.
Namo Budhaya

Charlie M. Sianipar said...

Mohon ijin untuk menautkan, artikel ini di Group Anak Siantar di : http://www.facebook.com/group.php?gid=40191755941

HORAS

Charlie M. Sianipar said...

Mohon ijin untuk menautkan, artikel ini di Group Anak Siantar di : http://www.facebook.com/group.php?gid=40191755941

HORAS

RAMLI said...

siantar man gak ada lagi ya..?
gimana kalo ada blog untuk siantar man yang bisa di publis, pasti lebih seru

Tempat Wisata Indonesia said...

makasih infonya

Donny Qiu said...

Saya baru saja mengunjungi vihara ini dan sungguh patung Kwan Im ini sangat besar..

Namun jalan ke dalam vihara boleh dibilang agak tersembunyi, walaupun dekat dengan pusat jajanan makan.

Sungguh tempat yang layak dikunjungi..

Anonymous said...

RIP Maha Bhiksu Dhyanavira Mahasthavira (ketua yayasan Vihara Avalokitesvara, Pematang Siantar) - Bangkok 20 Agustus 2011. Semoga amal kebaikan semasa hidup membawa berkah di Nirvana..

Paket Wisata Medan said...

Wisatawan selalu menyinggahi tempat ini saat berlibur ke Sumatera Utara